Press Release

Perayaan Konten Visual Terbesar Se-Asia Tenggara Yang Meleburkan
Segala Segi Kreatif Kembali Digelar

Jakarta, 12 Agustus 2016 – HelloFest 2016, sebagai perayaan konten visual terbesar se-Asia Tenggara yang menggabungkan berbagai segi kreatif, mulai dari film, desain komunikasi visual hingga musik, akan kembali digelar pada tanggal 24-25 September 2016 bertempat di JCC Plenary Hall. Festival yang telah diselenggarakan secara konsisten selama 11 tahun ini, akan disaksikan oleh lebih dari 20.000 pengunjung serta mempertunjukan 1.000 film pendek lokal hingga internasional, yang termasuk diantaranya karya dari artis media sosial Vine yang telah mendunia, Pinot. Nantinya, festival ini bukan hanya menjadi sebuah festival yang menyajikan karya film pendek berkualitas, namun juga menjadi sebuah wadah untuk menampilkan karya kreativitas lainnya, seperti desain komunikasi visual, musik, penampilan Costume Player (Cosplay) atau KostuMasa serta usaha kreatif lainnya.

“Menyikapi geliat perkembangan industri kreatif Indonesia yang terus berkembang dari tahun ke tahun, kami sebagai aktivis kreatif, tertantang untuk menyelenggarakan sebuah acara yang dapat memadukan semua segi kreatif. Sejak tahun 2004, kami mengadakan HelloFest dengan tujuan agar menjadi sebuah wadah dan sarana kreativitas bagi para pecinta seni di Indonesia untuk menunjukan kreativitasnya dihadapan masyarakat secara luas,” ungkap Wahyu Aditya, Founder and Chairman HelloFest 2016.

HelloFest 2016 akan menyajikan aneka pameran kreatif, talkshow yang membahas mengenai perfilman dan visual kreatif oleh pembicara yang ahli dalam bidang kreatif. Berbagai aktivitas seni yang menarik seperti pameran desain grafis, instalasi seni, membuat komik hingga giant colouring wall, menjadi aktivitas yang tidak dapat dilewatkan oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat menyaksikan aksi menarik dari artis youtube, penampilan KostuMasa (cosplay) serta kolaborasi apik dari musisi dan content creator tanah air. Selain itu, HelloFest juga memberikan sensasi menonton film secara berbeda yaitu menonton film dalam keadaan sunyi (silent cinema) dan bioskop intip (peeping cinema). Berbeda dengan festival film pendek lainnya, dengan daya tampung ruangan JCC Plenary Hall yang mencapai 5.000 orang, HelloFest memberikan sensasi menonton film secara massal serta dipadu dengan tata visual yang apik seperti layaknya menonton konser.

Dalam perhelatan yang digelar pada bulan September mendatang, HelloFest 2016 akan mengadakan kompetisi bagi para sineas film pendek berbakat untuk menunjukan hasil karya film pendeknya dihadapan ribuan pengunjung dan tamu undangan serta dinilai oleh juri yang telah lama berkecimpung dalam dunia kreatif Indonesia. Kompetisi yang telah dibuka sejak bulan Juni 2016 hingga saat ini, telah berhasil menampung ratusan hasil karya sineas muda berbakat tanah air. Ratusan hasil karya ini nantinya akan disaring menjadi finalis dan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu kategori animasi dan non-animasi dengan waktu maksimal 8 menit dan kategori 8 detik pas! yang dimana pemenang akan berpeluang untuk mendapatkan total hadiah senilai puluhan juta rupiah.

Pada acara ini pula, HelloMotion Academy sebagai penggagas HelloFest akan mengumumkan rencana pembukaan sekolah tingkat SMA,HelloMotion School, pada tahun ajaran mendatang. “Kami yakin bahwa masyarakat Indonesia tidak akan pernah kekurangan kreativitas khususnya dalam bidang konten visual, karena itu kami berharap pembukaan HelloMotion School ini dapat menjadi wadah bagi mereka untuk menuntut ilmu dan ikut serta dalam memajukan dunia kreatif visual di Indonesia,” Ujar Wahyu Aditya.

TENTANG HELLOFEST

HelloFest merupakan festival film pendek terbesar se-Asia Tenggara yang menggunakan konsep menonton film secara massal dan menggabungkan kegiatan berkesenian. Wahyu Aditya selaku pendiri dari Hellomotion Academy menyelenggarakan HelloFest pertama pada tahun 2004 bertempat di ruko dua lantai dibilangan Tebet. Selama 11 tahun, HelloFest terus menunjukan konsistensinya dalam menyelenggarakan festival film pendek yang menyatukan semua segi kreativitas, mulai dari desain komunikasi visual hingga music, dalam rangka merayakan kreativitas konten visual.

HelloFest sebagai anggota dari Japan’s Asiagraph Committee, secara aktif telah menyumbangkan hasil karya anak bangsa ke dalam festival film pendek internasional dan meraih lebih dari 12 penghargaan internasional. Penyelenggaraan HelloFest telah berhasil menarik lebih dari 30.000 pengunjung dengan target pengunjung mulai dari umur 16-35 tahun baik lokal maupun internasional dan berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 film pendek.